Selasa, 05 Juli 2011

Tips Ujian nasional/harian/semester/kenaikan kelas


Gue mau sharing tentang beberapa tips buat ujian yang udah gua praktekin sendiri hehe. Ujian emang nambah beban kita tapi mau ga mau kita harus hadapin namanya juga kewajiban seorang pelajar, ya kan?

1. Diharuskan belajar sungguh-sungguh dan serius minimal satu bulan sebelum ujian dimulai, gunanya untuk mencicil materi-materi yang belom dimengerti. Jadi ada kesempatan buat nanya ama temen, guru, atau keluarga.
2. Saat kamu belajar bikin susana tempat belajar senyaman mungkin jangan ampe tempat tidur berantakan atau meja belajar kamu berantakan itu akan membuat kamu ga serius belajar dan mata semriwet.
3. Sebelum belajar usahakan udah mandi, makan, maupun sholat gunanya me-refresh otak kamu biar lebih fresh lagi.
4. Kalau lagi belajar hitung-hitungan siapkan kertas buat coret-coret.
5. Kalau lagi belajar yang banyak bacaannya jangan sambil tiduran atau dengerin musik kamu bakal tidur atau ikut nyanyi seiring musik hehe.
6. Biasain catet pokok-pokok penting dalam buku catatanmu sehingga ketika kamu butuh kamu tinggal buka deh tuh buku.
7. Saat malem sehari sebelum ujian jangan belajar keras hingga larut malem itu ga akan membantu, pastikan tidur jam sembilan. Gunanya untuk menyeimbangkan energi yang keluar degan energi yang udah kamu keluarin.
8. Sebelum hari ujian siapkan alat-alat tulis yang akan digunain contohnya: dua buah pensil, satu pulpen, penghapus/tipex, pengserut, kartu peserta.
9. Jangan makan yang macem-macem yang bisa bikin kamu sakit perut atau semacamnya.
10. Datang tepat waktu sebelum ujian dilaksanakan min. 30 menit sebelum dimulai. Gunanya biar kamu ga merasa terburu-buru dikejar waktu dan mengurangi keringet biar ga panas.
11. Dipastikan kamu sarapan biar saat ujian lancar dan cacing yang ngamuk di dalem perut kamu ga kedengeran saat ujian hehe.
12. Pastikan berdoa sebelum membuka soal siapa tau keajaiban dateng begitu aja merubah soal yang susah jadi soal yang mudah hehe.
13. Baca soal paling banyak tiga kali setelah tiga kali tinggalkan soal itu dan lanjut ke soal berikutnya. Gunanya biar kosentrasi kamu di refresh lagi.
14. Jawab soal yang mudah dulu hingga yang sulit.
15. Jangan lupa tulis identitas kamu sesuai yang terdapat di kartu peserta.
16. Pastikan LJK mulus jangan kelipet, kotor, atau basah, dan jangan ampe garis-garis hitam disebelah kiri LJK pudar karena dihapus atau rusak.
17. Ngebuletin jawaban pake penggaris khusus dan cara ngebuletin yang bener itu ngebuletnya dari luar ke dalam. Gunanya biar lingkarannya makin tebal.
18. Setelah selesai menjawab soal pastikan periksa kembali pasti ada yang keliru.
19. Periksa kembali identitas kamu dan jawaban yang kotor.
20. Setelah ujian hingga pengumuman jangan lupa selalu berdoa dan meminta yang terbaik ke Yang Maha Kuasa, insyaallah dikabulkan.

Inilah tips yang selalu gua terapin selama ujian disekolah. Semoga tips ini berguna banget ya buat kalian. Jangan males ataupun capek buat belajar. Birpun kita ga pinter atau cerdas usahain tutupi ketidakpintaran kita dengan rajin itu bakal  ngedongkrak nilai kita dimata orang. Pendidikan tuh nomor satu loh.!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find this blog

Followers