Selasa, 14 Februari 2012

Yogyakarta #Day 2 (Galau nyari penginapan)

Selasa tepatnya tanggal 7 Februari. Hari ini kita bakal check out dari hotel sialan ini haha. Pagi-pagi mandi siap-siap mau cap cus ga jelas kemana kita sempetin sarapan nasi goreng rasa "bawang" hueeeek dan segelas teh manis panas. Kita sempet-sempet narsis dulu di tempat tidur haha.

@Hotel Purnama 4 (selasa pagi)

Novia pagi-pagi udah di apelin aja ama si Banu bikin sirik *efekjomblo. Rencananya hari ini Novia ama Inez mau ke salon gara-gara rambut udah lepek pengen nyuci blow di salon termurah haha. Gue ama Mega ga berminat ke salon akhirnya jalan-jalan ke Malioboro ga jelas mau ngapain. Taksi udah datang kita berempat cap cus ke tempat tujuan. Inez ama Novia di drop depan jalan menuju hotel karena kebetulan di situ ada salon entah salon apa namanya. Di taksi seperti biasa Mega ngajak ngobrol si supir *demenbgt, gue paling ga bisa dan ogah ngajak ngobrol panjang lebar karena gue orangnya kalm di depan orang-orang baru kenal haha. Kalo udah kenal bisa berubah 180'. Selama di taksi gue cuma liatin jalan keindahan Yogyakarta kaya gimana sih? Asli vintage abis dan tradisional banget. Beda ama Jakarta dan Bogor tentunya. Ini kedua kalinya gue ke Yogya karena kebetulan ga ada satu pun sanak saudara yang tinggal disini.
   Jalan masih asing banget yang gue liat, kebetulan Mega tau dikit-dikitlah tentang Yogya. Turun depan Malioboro dan jalan-jalan ngeliat apa aja yang ada di situ. I love art, i love vintage, and i love natural. Seperti biasa gue diem ngeliat sekitar dan Mega sibuk nelfon temen-temennya nanyain properti yang bakal di beli buat kebutuhan pemotretan Sabtu nanti. Mulai nanya harga wayang kulit, topeng, ampe payung jenazah haha. Pas masuk ke toko resmi gitu niatnya mau foto pas mau ngeluarin hp eh eh ada bisikan pemiliknya bilang "Mba ga boleh ngambil gambar ya" Kita berdua mendengus sedikit kesal tanpa berkata apa-apa akhirnya keluar juga dari tuh toko. Jalan lagi nanya-nanya harga. Pas dapet harga yang cocok Mega beli sepasang topeng dengan warna dasar hitam keijoan kalo ga salah mah. Jalan ampe Mirota batik itu ternyata menyenangkan walaupun jauh juga. Masuk ke Mirota wangi sesajen tradisional merusuk hidung gua dan Mega but, i'm lovin it. Numpang ngadem juga lagian dan liat-liat produk yang ada di sana. Mulai dari baju batik, dekor rumah, tas, pajangan, dll. Pas naek tangga gue jatuh cinta pada pandangan pertama dengan tas ala vintage yang selama ini gue incar-incar pas liat harga gue keburu ilfil duluan. Bayangin Rp. 300.000 lebih boo. Gue makan apa di sini kalo duit gua sebanyak itu cuma beli satu item. Niat buat beli tuuh tas gue kurung sampe bener-bener siap buat beli. Tapi, ampe pulang ke Bogor niat itu ga timbul-timbul karena keburu bangkrut, See you dah :D.!
    Liat-liat lukisan dan pajangan ala vintage tradisional zaman Belanda rasanya pengen gua comot semuannya. Keluar dari toko ini pun kita ga beli apa-apa. Rencanaya kita belanja nanti aja yang penting jalan-jalan dulu. Oke nyonya Novia dan inez pun otw Mirota Batik pake taksi. Di bayangan gue rambut mereka mempesona hati gue ama Mega tapi....... ternyata pas turun dari taksi rambut mereka biasa aja ga ada efek blow-nya sama sekali haha. Ludes tuh duit. Mereka cerita pas di salon gimana haha rambut di jenggut-jenggut *kataNovia.
   Setelah ketemu kita nyari sarapan dulu karena sarapan nasi goreng rasa "bawang" ga ngenyangin sama sekali malah bikin enek kalo kata gue. Dapetlah warung makan pinggir jalan. Kita mesen ini itu langsung tancep gas abisin tuh makanan. Abis makan kita naik becak muter-muter maliobro ke art painting, terus ke Kraton deh. Di Kraton kita di pandu si guide-nya. Gue lupa tiket masuk dan harga bawa kamera berapa. Di Kraton semua di ceritain oleh guide-nya sambil foto-foto. Cerita tentang keluarga Sultan dan hobi beserta kecintaannya di dunia. Abis dari Kraton kita langsung otw hotel Purnama buat prepare pindahan ke rumah X.

Dari Malioboro otw Kraton

@Kraton

@Pintu masuk

Kira-kira jam tiga kita check out dan jemputan udah dateng haha. Kita kenalan dulu ama temen-temennya banu. Kalo ga salah sih hari itu yang jemput Chandra, Cepot, ama Danar deh kayanya. Gua d anterin ama Chandra. Ini dia lima sekawan yang setia banget nganter jemput kita bawa keliling Jogja.

Lima sekawan, dari kiri ke kanan (Banu, Nalendra, Cepot, Danar, Chandra)

Oke cerita satu-satu tentang mereka. Lima sekawan ini kuliah di UII jurusan Teknik Industri 2011. Mulai dari orang yang paling kiri dari foto. Itu Banu cowok Novia, mereka udah pacaran cukup lama lebih dari setahun dan mereka tetep berpacaran walaupun LDR. Yang kedua itu Nalendra dia orang Lampung dan mutusin kuliah di Yogya, doi nganterin gua kemana-mana bareng yang lain. Yang ketiga itu Cepot orang Bekasi dan anak gahol haha dia partner Inez dalam urusan bonceng-membonceng. Yang keempat itu Danar orang Bengkulu partner Mega dalam urusan bonceng-membonceng. Dan yang terakhir Chandra, dia jarang ngikut kita kemana-mana cuma dia nganterin gue ke rumah X pas check out dari hotel Purnama 4.
     Oke lanjut cerita di motor otw rumah X. Ngobrol dikit-dikitlah gue nanya asli orang Yogya atau bukan. Nyampe rumah yang bakal kita tempatin ternyata dapet obstacle yang lumayan besar. Rumah itu ga bisa nampung kita karena alasan tertentu. Akhirnya, kita berempat sore itu juga mutusin nyari penginapan sambil sms tanya ke Ka Irfan yang paling murah dimana. Kata beliau di hotel Pantes deket Malioboro. Oke cap cus ke sana. Kali ini gue ga di anterin ama Chandra melainkan Nalendra. Berhenti bentar ngambil helm entah rumah siapa itu. Kita kembali berangkat ke hotel Pantes. Di tengah jalan si Inez dan partnernya si Cepot misah ama kita, Inez mungkin panik karena baru pertama kali di anter langsung sms gue. Ga mikir panjang gue nanya ama Nalendra lewat mana-mananya. Kabarin si Novia juga kalo Inez misah dari kita haha. Ga kebayang tampang paniknya si Inez. Parkir di depan mal Malioboro jalan ke gang hotel tersebut. Pas nanya-nanya kamar yang kita pengen (kmr mandi dlm) udah penuh cuma sisa kmr mandi luar aja. Tanpa mikir panjang kita cari penginapan yang lain. Mulai dari harga pas tp fasilitas ga pengen ampe yang mahal fasilitas biasa-biasa aja.
    Gue bertiga Inez dan Mega mencar bareng rombongan Novia, Banu dkk buat nyari penginapan. Udah mau magrib akhirnya kita janjian lagi di parkiran Mal malioboro. Kali ini bukan liburan kaya artis tapi jadi "backpack" haha. Setelah ketemu dan kompromi mau yang mana. Danar *kalogaslh nawarin hotel yang dia tahu. Langsung cap cus ke tempat tujuan. Pas di sana kita lihat dan dibandingin ama homestay yang kita liat tadi masih mending dan bagusan homestay tadi walaupun harga sama. Oke nunggu adzan magrib kita berangkat lagi dan fix nginep di "Homestay Malioboro"
     Setelah capek dan menguras waktu dan tenaga mampir ke rumah makan yang katanya terkenal. Rumah makan "Raminten" di Jl. FM. Noto.

Kartu rumah makan Raminten

@Ramiten abis nyari homestay

@Raminten

Saking ga nafsu makan gatau mau makan apa tapi laper. Akhirnya menu pertama jatuh ke "Kupat tahu" padahal di Bogor juga ada. Dengan minum yang seger-seger es jeruk di tambah es krim goreng sepiring berdua ama Mega haha. Keadaan disitu masih canggung yang nanggung ama temen-temennya Banu. Novia sih santai aja. Duduk pun juga masih jauh-jauhan banget. Gua sibuk dengan hp, Inez bengong, dan Mega maen farmville di hp Inez. Saking boringnya kita foto-foto deh. Setelah kita di drop di homestay itu. Mereka para cowok saking baik hati atau terpaksa kali ya hehe *maaf ngambilin koper kita di rumah X dibawain ampe homestay ini. Setelah koper datang bergegas buat mandi.
     Udah mandi cap cus ke alun-alun selatan. Seperti biasa di anter para prajurit haha. Kita duduk bentar nunggu temen-temen Banu makan (lagi) dan minum apa gitu gue lupa si Banu ama Novia. Setelah duduk-duduk bentar kita naek apa sih namanya gue lupa deh. Kereta sepeda yang ada lampu-lampunya gitu (norak). Gue ama Mega di belakang nge-gowes, Banu, Novia, ama Inez nge-gowes di depan. Si Inez yang nyetir dan yang di atas ada nalendra ama Danar entah ngapain berdua haha. Si Cepot malah keliuran ga tau kemana. Setelah beberapa putaran ganti posisi. Mega dan gue tetep stay di belakang. Novia ama Banu di atas bagaikan putri Cleopatra haha. Di depan ada Nalen, Inez, dan Danar. Yang paling kocak setelah beberapa putaran nge-gowes rantainya copot-copot mulu mana oli ngotorin jeans dan sendal gue. Gue kira cuma sekali gitu ya lepasnya dan ternyata sebanyak-banyak kali rantainya lepas. Dan paling kocak lagi haha, putaran terakhir gue tuker posisi ama Banu dan Novia jadi gue di atas bareng Inez. Eh baru juga duduk di atas ban-nya bocor haha mau kesel juga ga bisa keburu ngakak duluan. Udah deh gue tetep narsis ama Inez di atas sambil curcol haha. Di bawah nasibnya ga tau dah. Saking leletnya nih kereta jalan akhirnya gue turun ama Inez dan ngedorong tuh kereta ampe ke admin-nya. Tapi kayanya sih si admin-nya ga tau kalo bannya bocor haha.
     Setelah naik kereta, kita coba ritual yang lumayan mistik "Ngelewatin beringin kembar pake penutup mata". Yang pertama nyoba itu Inez hasilnya gagal, kedua si Banu ama Novia sambil pegangan berasa di FTV haha hasilnya juga sama, tapi yang terakhir si Danar dia berhasil loh. Tapi sayangnya di tahap kedua buat nyentuh lubangnya gagal. Mitosnya sih ya, kalo kita berhasil harapan-harapan kita bakal terkabul. Kalo gue sih antara percaya ga percaya. Just for fun..! Setelah puas cap cus kembali ke homestay.

@Alun-alun selatan with Inez, Nalendra, gue, dan Danar

Ritual malam pun kembali menggempar duit masing-masing haha. Maen monopoli kita sambung dengan pengeluaran hari ini. Kita fix ngebayarin tuh cowo-cowo makan karena rasa ga enak ngerepotin banget hihi. Setelah itu gue lupa kita ngapain kayanya sih langsung tidur. Goodnite Yogya have a nice holiday :)

Continue to day 3.....................