Minggu, 13 November 2011

Commuter Line Bogor-Manggarai


Setelah gue luamyan lama naik commuter line buat ke kampus banyak banget cerita yang bikin luluh, ngeri, ampe bikin emosi. Banyak hal-hal baru yang gua pelajarin dari sini. Kita negara Indonesia ga luput dari kemiskinan. Pengemis dimana-mana orang berlalu-lalang buat ngedapetin rejeki. Berjualan dari pagi buta sampe larut malem. Muka lusuh mereka ga ngalahin semangatnya hanya buat makan. Kita sebagai orang yang terbilang mampu takjub banget dan inilah kita patut bersyukur dengan apa yang udah di kasih ama Allah.

kalau kuliah jam 07.30 gua berangkat dari rumah jam lima terus gua naek commuter line tujuan tanah abang yang berangkat jam 05.30. Sebelum berangkat pagi buta udah banyak banget yang jualan berlomba-lomba nyari keuntungan. Ada yang jualan gorengan ama kue basah, aqua, masker ama tissue, apalagi penjual koran, di tambah lagi banyak baget pengemis yang rata-rata cacat dan udah lansia.
Takjub banget deh! subuh-subuh gini udah banyak banget yang niat nyari uang, ga kaya pengangguran di luar sana yang punya gengsi gede ogah punya bisnis kecil-kecilan. Bukan hanya yang jualan tapi karyawan jam segini udah pada fresh siap kerja di kantor masing-masing. Pertama gua pikir subuh-subuh gini sepi kali ya stasiun ternyata lagi rame-ramenya jam segini. gue gengsi banget buat bawa kursi lipat bekas bokap gua dulu pas bolak-balik kerja tapi banyak ko yang make malah ada yang duduk beralaskan koran. Tapi risikonya tuh kalo udah rame siap-siap aja dimarahin ibu-ibu bibir tebel hahaha.

     Dan yang paling nyentuh hati kecil gua pas gua  mau berangkat buat UKMA Jurnal hari sabtu. Jadi gua dapet tempat duduk buat orang khusus (lansia, cacat, hamil, ama bawa anak) di gerbong cewek pastinya. Pas di stasiun mana gitu ada ibu-ibu naik bawa bayi yang umurnya baru dua bulan masih seger-segernya dan mungil. Dengan spontan ga tau kenapa gua langsung berdiri mempersilahkan kursi gua alias tukeran tempat duduk soalnya tempat duduk si ibu itu sempit dan kebetulan badan gua yang mungil ini ga ada masalah kalau duduk di situ hihi. Dan kebetulan lagi gue gemes dan demen banget ama anak kecil gua liatin aja tuh bayinya yang dielus-elus. nah, di stasiun berikutnya ada lagi ibu-ibu yang bawa anak balitanya. Saat itu gua ga spontan, gua mempersilahkan kursi gua karena si petugas minta tukeran dan akhirnya gua berdiri. Anaknya berambut kribo itu lucu sumpah. Saking carenya seorang ibu si ibu itu ga duduk cuma anaknya doang yang duduk. Tapi anaknya ngerengek-rengek minta ibunya duduk juga tapi kata ibunya "Ga muat sayang, nanti kaka kejepit" anjir hati gua langsung luluh pas denger kata-kata itu. Gua mikir nyokap gua dulu gitu ga ya. Apalagi nyokap gua galak banget tapi parnoan.

Selain itu gua pernah naek kereta pagi-pagi buta pas di stasiun depok ada ibu-ibu bawa anak tiga orang. Yang satu masih bayi digendong pake gendongan bayi, tangan kanannya megang anak perempuannya. Itu lagi padet-padet banget mana ada dua orang mba-mba yang bawelnya minta ampun marah-marah mulu karena sempit. Aduh mba kalau ga mau sempit naek mobil pribadi aja sana ga usah naek kereta. Noraknya minta ampun, kalau kata bokap gua mah orang kaya yang baru naek kereta haha. Dan kebetulan anaknya yang satu pisah kereta *nah loh. Jadi katanya itu, anaknya yang satu udah naek duluan soalnya udah biasa trus nyokapnya ga tau kalau anaknya udah duluan. Gua mikir aduh ibu satu ini ga kalah carenya deh punya tangan dua satu badan masih sempet-sempetnya naek kereta jam segini yang lagi padet udah kaya ikan di pasar.

Kalau gua berangkat siang jam 9an gitu gua salutnya ama pengamen stasiun Bogor. suaranya pada bagus-bagus banget. Di gerbong udah kaya Indonesian Idol ceritanya mah. Dan yang paling gua suka ada pengamen yang vokalisnya cewek itu suaranya keren abis, trus ada lagi yang make cara baca puisi, ada yang ngamen sambil ngelawak, ada yang nyanyi lagu2 lawas lengkap ama perkakas klasiknya. Beuh salut banget. Semangat mereka ngalahin semuanya.

Dan yang paling bikin emosi tuh pertama, gua berdiri di posisi tengah di sangka si ibu yang di belakang gua gua nyender ke dia. Dia bilang "Mba pegangan dong jangan nyender" itu yang lagi padet-padetnya bbikin emosi membara saudara-saudara. Gua bilang aja "Siapa juga yang nyender, pegnagan aja ga bisa" sewot gua. Ya namanya kereta jam pulang mah kaya begini ibu-ibu padet banget dari pagi pegangan aja susah masa iya sempet-sempetnya nyender. Gubrak! Yang kedua pas waktu itu hari rabbu berangkat siang gua ada tes oral PIK (Pengantar Ilmu Komunikasi) gua bawa kursi lipat duduk di deket bangku sambil ngorek-ngorek catetan. Pas di stasiun Depok kalau ga salah ada ibu marahin gua gini "Mba berdiri dong orang juga mau masuk" Dengan spontan gua teriakin aja "Sabar dong bu ini juga saya udah mau berdiri ga usah marah-marah kali" gua juga tau diri mereun ibu canteeek rame gini ga mungkin gua egois duduk sorangan.

Ini ceritaku dan apa ceritamu??

Mix max emotion :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find this blog

Followers