Senin, 16 April 2012

Titanic 3D


     Tadi sore gue nonton Titanic 3D ama adek gue di XXI Botani Square Bogor. Sebenarnya udah sering banget nonton film legendaris yang satu ini. Tapi pengen ngerasain aja sensasi 3D-nya kayak gimana. Tapi setelah gue nonton, sensasi 3D--nya kurang kena, yang gue rasain justru nilai-nilai yang terkandung di dalam film ini. Kalau di liat lebih teliti banyak banget nilai dari berbagai sudut pandang tentunya buat kehidupan. Yang gue tangkep mungkin unsur nilai-nilai ini yang ada di film Titanic:

  1. Nilai Agama. Seperti yang kita tau. Musibah datangnya dari Tuhan, dan Tuhan punya alasan khusus kenapa ngasih musibah ke umat-Nya. Seperti adegan pertama film ini si Jack dapetin tiket  kapal Titanic karena judi, trus Rose di jodohin karena nyokapnya ga mau miskin gara-gara bokapnya ninggalin hutang, penumpang kelas bawah ga boleh ada di area kelas atas (rasisme), dan bukti nyata kalau kita hanya inget Tuhan kalo lagi kesulitan aja pas adegan udah mau tenggelam, seorang pastur yang memimpin doa dan banyak juga penumpang yang ikut berdoa di kala musibah itu lagi terjadi, tapi hal ini masih positif karena seengganya masih inget Tuhan.
  2. Nilai Sosial. Rasisme ga bakal hilang di kalangan masyarakat dunia pastinya. Ga jauh-jauh karena perbedaan SARA (Suku, Agama, Ras, gue lupa terakhirnya hahha). Dan di film ini justru mencolok banget rasisme itu. Perbedaan asal golongan manusia. Si kaya dan si miskin. Seperti adegan penumpang Titanic yang baru masuk kapal mereka yang si miskin di periksa dulu ada 'kutu' atau ga, dll sedangkan si kaya malah ga. Trus, pas Jack mau ketemu si Rose (Yang lagi berdoa) malah di halangin ama guide-nya ga boleh masuk karena Jack bukan kelas A. Pas abis nabrak gunung es, lantai dasar udah tenggelam malah semua pintu baja di ruang mesin di tutup sedangkan petugas masih ada di ruang mesin. Dan yang paling kena banget itu, pas mereka lagi panik dan kelas A yang udah duluan ngantri dapet sekoci malah kelas bawah masih ga boleh keluar ama guide-nya. Tapi positifnya itu, Rose justru lebih nyaman di lingkungan elas bawah dalam adegan dansa bareng kelas bawah, dan ga peduli latar belakang Jack orangnya kaya gimana.
  3. Nilai kasih sayang. Nilai ini udah menyangkut perasaan individu hehe. Dalam adegan si Cal ngasih berlian yang langka itu ke Rose nunjukin dia cinta banget ama Rose. Ada lagi pas mau tenggelam air udah masuk kamar sepasang kakek dan nenek rela mati bersama karena mereka saling mencintai, so sweet huaaa haha. Kasih sayang ibu emang ga bakal pudar dan kebukti dalam adegan penumpang di luar lagi panik, demi menenangkan hati anak-anaknya akhirnya si Ibu ngebacain dongeng buat mereka di kamar untuk menunggu waktu kematian bersama. Ada lagi pas dua anak cewek yang di pisahin sama Ayahnya dan mereka berdua nangis ga mau pisah kalo ga salah Ayahnya bilang "Nanti Ayah naik sekoci berikutnya". Trus inti dari film ini mengutarakan kekuatan cinta antara si Rose dan Jack walaupun baru kenal beberapa hari. Dari awal ketemu, Jack udah nolongin Rose dari niat bunuh dirinya, Jack yang udah demen dari awal ketemu rela jadi tempat curahan si Rose gara-gara tertekan, Jack ngehibur Rose dengan ngajak dansa bareng penumpang kelas bawah dan yang gue tangkep sifat aslinya Rose keliatan banget dan bahasa tubuhnya nunjukin dia senang banget dan ngerasa bebas, Jack rela ngapain aja demi ketemu si Rose ampe nyuri jas penumpang lain, ngelukis Rose karena permintaannya doi sendiri dengan dasar perasaan juga, Rose yang ngebantuin JAck buat ngelepas borgol di tangannya ampe rela berenang nyari-nyari bantuan, Rose yang tadinya udah di sekoci justru nekat loncat demi ga mau pisah ama Jack karena kata-kata Jack yang diinget ama si Rose, pas detik-detik kapal tenggelam Jack berusaha ngelindungin Rose dari hal apapun yang bakal ngerugiin Rose, dan justru Jack rela mati kedinginan demi Rose tetep baik-baik aja selama ada di atas kayu itu. Kurang lebih benernya kalimat itu jadi dialog terakhir si Jack buat Rose. Karena Rose juga cinta ama Jack, maka dia nepatin janji itu.

"Kamu akan selamat, berjanjilah padaku. Sekoci-sekoci itu akan kembali menyelamatkanmu. Ketika kamu selamat, kamu akan mempunyai banyak anak-anak."     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find this blog

Followers